PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW BERBANTUAN MEDIA KARTON DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDUNG

As' ari Rizki, 205030002 (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW BERBANTUAN MEDIA KARTON DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam menulis, khususnya pada teks cerpen. Salah satu penyebabnya adalah siswa mengalami kesulitan dalam menentukan alur cerita dan sulit dalam mengungkapkanya. Di samping itu, guru pun tidak dapat menggunakan pendekatan yang inovatif dan kreatif. Maka dengan menggunakan pendekatan berbasis proyek diharapkan dapat membantu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kritis sswa dalam menulis teks cerpen dengan menggunakan metode writing in the here and now berbantuan media karton. Metode penelitian yang digunakan ialah metode keuantitiatif desain quasi eksperimen. Siswa kelas XI Sman 9 bandung berbartisipasi dalam penelitian ini. Data skor rata-rata penelitian ini mengarah pada kelas eksperimen sebesar 79,75 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 58,00. Terdapat keunggulan dari kelas eksperimen dengan metode Writing In The Here And Now bisa dilihat dari Positive Ranks dengan N 20, mean ranks 10,50 dan sum of ranks 210.00, dibandingkan kelas kontrol bisa dilihat dari Positive Ranks dengan N 20, mean ranks 10,00 dan sum of ranks 180,00. Berdasarkan hal tersebut, bahwa metode Writing In The Here And Now lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan metode diskusi. Kata kunci: Menulis, cerita pendek, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Sep 2024 01:31
Last Modified: 19 Sep 2024 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70237

Actions (login required)

View Item View Item