PENERAPAN MULTIPLE VISUAL REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK

AMBAMY, PUTRI SYIFA, 205040072 (2024) PENERAPAN MULTIPLE VISUAL REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran biologi, terdapat materi sistem imun yang bersifat abstrak sehingga diperlukan model dan media pembelajaran yang memiliki kualifikasi untuk bisa mempermudah peserta didik dalam merekonstruksi pengetahuan yang dimilikinya agar membuat proses pembelajaran bermakna dimana standar pendidikan di abad ke-21 mengharuskan peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS), salah satunya kemampuan berpikir analitis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan multiple visual representation pada materi sistem imun untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen. Bentuk dari penelitian ini adalah non-equivalent control group yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol Berdasarkan nilai thitung, kelas eksperimen memperoleh nilai thitung – 6,846 dengan ttabel 1,690. Karena thitung < ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah perlakuan diterapkan. Penerapan multiple visual representation pada materi sistem imun dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Kata Kunci : Multiple visual representation, berpikir analitis, sistem imun

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:25
Last Modified: 17 Sep 2024 08:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70187

Actions (login required)

View Item View Item