STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Khaliza, Kamila Nur (2024) STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
02 - LEMBAR PENGESAHAN - Kamila.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
01 - COVER - Kamila.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 - KATA PENGANTAR - Kamila.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 - DAFTAR GAMBAR - Kamila.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 - BAB 1 - Kamila.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 - DAFTAR ISI - Kamila.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 - ABSTRAK - Kamila.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 - BAB 2 - Kamila.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 - DAFTAR PUSTAKA - Kamila.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi pariwisata melalui media sosial Instagram pada akun @disparkabbekasi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi. Latar belakang penelitian ini menyoroti potensi besar sektor pariwisata Indonesia, khususnya di Bekasi, yang dapat dikembangkan melalui promosi digital. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 cara yaitu, studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Kemudian untuk uji keabsahan data menggunakan uji krediibilitas triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Penelitian ini mengeksplorasi empat aspek utama dalam manajemen pengelolaan media sosial menurut Friedrichsen & Wolfgang: Define the Value Proposition, Segmentation, Targeting, Positioning, Operations and Delivery Process, serta Measurement and Feedback. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai media promosi sangat efektif dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Strategi yang diterapkan meliputi pembuatan konten menarik dan informatif, interaksi aktif dengan pengikut, serta kolaborasi dengan berbagai stakeholder, yang semuanya berkontribusi signifikan terhadap peningkatan visibilitas dan partisipasi dalam promosi destinasi wisata di Kabupaten Bekasi. Kata Kunci: Promosi Pariwisata, Media Sosial, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:12
Last Modified: 17 Sep 2024 02:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70133

Actions (login required)

View Item View Item