PEMBELAJARAN MENULIS GAGASAN SECARA KRITIS PADA TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM ACCELERATED INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA QUORA DI KELAS X SMK PASUNDAN 4 BANDUNG

PUTRA RADEN FEBIANSYAH PURNAMA, 205030114 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS GAGASAN SECARA KRITIS PADA TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM ACCELERATED INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA QUORA DI KELAS X SMK PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi teks anekdot. Apapun yang menjadi faktor utama dalam kesultian menulis pada peserta didik adalah kurangnya latihan dan pratik yang dilakukan oleh peserta didik saat pembelajaran terutama menulis anekdot, dan peran pendidik yang tidak membiasakan peserta didik dalam menuangkan ide kedalam bentuk tulisan. Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk dipakai adalah model team accelerated instruction berbantuan media quora dapat dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk megetahui kemampuan peserta didik dalam menentukan struktur dan kaidah kebahasaan pada teks anekdot dengan menggunakan model team accelerated instruction berbantuan media quora. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melakukan penelitian terhadap peserta didik X-MPLB di SMK Pasundan 4 Bandung sebagai kelaseksperimen dan kelas X PBR 2 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 93,70 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rataposttest menjadi 100. Sedangkan hasil rata-rata pretest kelas kontrolsebesar 81,20 yangkemudian mengalami peningkatan pada hasil posttest sebesar 93,70. Dilihat dari data nilai rata-rata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulka bahwa peserta didikkelas eksperimen lebih mampu dalam menulis teks anekdot dengan menggunakan model team accelerated instruction berbantuan media quora dibandingkan kelas kontrol dengan tidak menggunakan perlakuan khusus. Kata Kunci: Menulis, Teks Anekdot, Team Accelerated Instruction, Quora

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2024 03:49
Last Modified: 14 Sep 2024 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70121

Actions (login required)

View Item View Item