Rindiani Dian Mitami, 205030098 (2024) PENERAPAN METODE NATURE LEARNINGDALAMMENULIS TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIKKELASXSMK PAHLAWAN TOHA BANDUNG BERORIENTASI PADAPENGIMAJIAN MENULIS PUISI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalammenulis teks puisi. Hal ini disebabkan karena pendidik kurang kreatif dan inovatif dalam pemilihan metode pembelajaran untuk menulis. Sehingga menyebabkanpeserta didik kurang mampu mengembangkan sebuah ide, dan imajinasi kreatifnya serta merasa bosan saat pembelajaran menulis teks puisi. Rumusanmasalah yang disusun oleh penulis yaitu kemampuan penulis dalammerencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi, kemampuan menulis teks puisi menggunakan metode Nature Learning sebelum dan sesudah menggunakanmetode Nature Learning, dan efekifkah metode Nature Learning dalammenulisteks puisi. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk menguji penulis dalammerencanakan, melaksanakan, menerapkan, dan mengevaluasi metode NatureLearning dalam menulis teks puisi, menguji perbedaan kemampuan peserta didiksebelum dan setelah menggunakan metode Nature Learning, dan untukmengetahui apakah metode Nature Learning efektif digunakan dalammenulisteks puisi. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknikpengumpulan data berupa observasi, tes, dan uji coba. Objek penelitian ini adalahpeserta didik kelas X SMK Pahlawan Toha Bandung jurusan Akuntasi. Denganmenggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yang penulis peroleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis tekspuisi peserta didik kelas X SMK Pahlawan Toha Bandung berada di kategori baik. Hal ini didukung oleh data hasil rata-rata pretes sebesar 46,6 dan postes sebesar 83,3. Dengan demikian, metode Nature Learning efektif digunakan untukmeningkatkan kemampuan menulis teks puisi. Selain itu, metode Nature Learningsignifikansi dalam meningkatkan kemampuan menulis teks puisi, hal ini dibuktikan Berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan Uji MannWhitney-U yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. 0,000 > 0,05. Berdasarkanhasil penelitian, metode Nature Learning efektif dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks puisi di kelas X kompetensi keahlianAkuntansi. Kata Kunci : Metode pembelajaran, Nature Learning, menulis, teks puisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Sep 2024 03:17 |
Last Modified: | 14 Sep 2024 03:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70120 |
Actions (login required)
View Item |