SHOFIYAH HASNA, 205030030 (2024) /PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PENUTUR ASING (BIPA) 1 PADA KOMPETENSI TATA BAHASA BERBASIS APLIKASI ANIMAKER. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh langkanya bahan ajar bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Besarnya minat bangsa asing untuk mempelajari bahasa Indonesia masih terkendala dengan kurang tersedianya bahan ajar BIPA. Keterbatasan bahan ajar ini menjadi masalah penting yang sering dihadapi pengajar dalam kegiatan pembelajaran BIPA. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar BIPA sangat dibutuhkan. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu (1) karakteristik bahan ajar BIPA 1 yang saat ini digunakan dalam pembelajaran BIPA, (2) pengembangan bahan ajar BIPA 1 berbasis aplikasi Animaker sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran BIPA, (3) kelayakan pengembangan bahan ajar BIPA 1 berbasis aplikasi Animaker dalam pembelajaran BIPA, dan (4) efektivitas pengembangan bahan ajar BIPA 1 berbasis aplikasi Animaker berdasarkan pemahaman pembelajar BIPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, angket, dan dokumentasi untuk memeroleh data kebutuhan pengembangan bahan ajar dan penilaian prototipe bahan ajar. Adapun sumber data terdiri atas pengajar BIPA, pemelajar BIPA, dan dosen ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah pemelajar BIPA sering kali merasa bosan dan bingung dengan bahan ajar yang hanya disajikan dalam bentuk buku ajar dan materi yang sangat singkat. Oleh karena itu, bahan ajar perlu dikembangkan sesuai dengan teori karakteristik bahan ajar Widodo dan Jasmadi agar dapat mendukung pembelajaran mandiri, pemahaman yang lebih mendalam, kontekstualisasi materi, peningkatan motivasi, keterampilan bahasa yang komprehensif, penyesuaian dengan perkembangan teknologi, fleksibilitas belajar, dan penguatan keterampilan tata bahasa. Pengembangan bahan ajar melalui Animaker menunjukkan dominansi perubahan pada aspek substansial dan visual, yang memperlihatkan perbandingan karakteristik antara bahan ajar orisinal dan yang telah dikembangkan. Bahan ajar yang dikembangkan lebih interaktif dan komunikatif, sehingga dapat mengurangi kejenuhan, meningkatkan pemahaman materi, dan semangat belajar Bahasa Indonesia bagi pembelajar. Kata kunci: Bahan ajar, BIPA, dan Animaker.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 05:59 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 05:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70084 |
Actions (login required)
View Item |