Marpaung, Samuel Francisco (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA INSTANSI MELALUI NEW MEDIA OLEH HUMAS PEMERINTAH KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Cover .pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Citra merupakan suatu pandangan atau penilaian yang berasal dari pendapat luar terhadap suatu obyek. Di era perkembangan teknologi ini, baik individu maupun instansi tertentu sangat memperhatikan aspek citra, salah satunya adalah Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Bandung yang berupaya menjaga citra instansi tersebut dengan strategi komunikasi persuasif yang baik melalui penggunaan media baru (Instagram). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal yaitu 1. Bagaimana strategi psikodinamik Humas Pemerintah Kota Bandung dalam menjaga citra instansi melalui New Media? 2. Bagaimana strategi sosiokultural Pemerintah Kota Bandung? Humas Pemerintah Kota Bandung dalam menjaga citra instansi melalui New Media, 3. Bagaimana konstruksi makna strategi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam menjaga citra instansi melalui New Media? Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach yang mengelompokkan strategi komunikasi persuasif yang terdiri dari 3 bentuk yaitu: strategi psikodinamik, strategi sosiokultural, dan strategi konstruksi makna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini sesuai dengan desain analisis data menurut Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini adalah Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Bandung menerapkan strategi komunikasi persuasif yaitu: 1. Strategi psikodinamik melalui pemilihan tema/masalah sosial yang disajikan dalam episode Super Dung dan penggunaan bahasa Sunda. 2. Strategi sosial budaya melalui pedoman komunitas dari media baru Instagram. 3. Strategi konstruksi makna dengan personifikasi superhero “Super Dung” sebagai perumpamaan terkait masalah sosial ini. Kata Kunci: Komunikasi, Citra, Persuasif, Strategi,Media
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 04:22 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 04:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70078 |
Actions (login required)
View Item |