Fatin Syaza Naurah, 205030001 (2024) PENERAPAN METODE MIKIR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI, REFLESKI) BERBANTUAN MEDIA FLIPPITY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DI KELAS X SMAN 09 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai masalah keterampilan menulis teks biografi dalam pembelajaranbahasa Indonesia. Dalam Kurikulum Merdeka setiap capaian pembelajaran menuntut keterampilan menulis peserta didik. Kebutuhan keterampilan menulis teks biografi tidak sesuai dengan kondisi peserta didik kelas X di SMAN 9 Bandung. Pembelajaran Bahasa Indonesia juga masih sering sekali dianggap membosankan oleh peserta didik hal ini dikarenakan pendidik masih menggunakan metode dan media pembelajaran yang dapat dibilang cukup tua dan tidak mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan penulis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR berbantuan media flippity, kemampuan peserta didik sebelum diterapkan pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR berbantuan media flippity, kemampuan peserta didik setelah diterapkan pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR berbantuan media flippity, perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR berbantuan media flippity. Melalui metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design, adapun hasil penelitian yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR dengan nilai rata-rata 4. 2) kondisi peserta didik sebelum diberi perlakuan metode MIKIR dan media flippity. 3) kondisi peserta didik setelah diberi metode MIKIR dan media flippity. 4) perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode MIKIR. Kata Kunci: menulis, teks biografi, metode MIKIR, media Flippity
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 03:05 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 03:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70053 |
Actions (login required)
View Item |