PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

AZIZAH ZULFA NUR, 205050026 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan untuk penyelesaian masalah matematika dan self-efficacy ialah faktor terpenting bagi para siswa. Namun, kenyataannya menunjukkan bahwasanya kemampuan untuk berpikir kreatif dan self-efficacy siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan. Pertama, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa yang menerima model Problem Based Learning dengan bantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang menerima model pembelajaran biasa. Kedua, tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah self-efficacy siswa yang menerima model Problem Based Learning dengan bantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang menerima model pembelajaran biasa. Ketiga, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adanya hubungan positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa yang menerima model Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode penelitian eksperimen semu atau kuasi ekperimen, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 22 Bandung pada tahun ajaran 2023/2024. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel penelitian dengan jumlah total 52 siswa, terdiri dari 26 siswa kelas XI – 2 sebagai kelompok eksperimen yang menerima perlakuan memakai model Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran, dan 26 siswa kelas XI – 1 sebagai kelompok kontrol yang menerima perlakuan menggunakan model pembelajaran biasa. Instrument penelitian yang dipakai terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif matematis serta angket self-efficacy. Data yang terkumpul akan diolah menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model problem based learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model problem based learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan self-efficacy siswa yang memeproleh model problem based learning berbantuan video pembelajaran. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-efficacy, Model Problem Based Learing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:23
Last Modified: 09 Sep 2024 02:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69840

Actions (login required)

View Item View Item