Fathin, 205060193 (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLEBERBANTUAN WEBSITE GANIALLY TERHADAPPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACAPERMULAAN(Metode Quasi Eksperiment Pada Pembelajaran Siswa Kelas II SDN Linggar 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
bab I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
||
Text
bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi dengan rendahnya literasi membaca perserta didikkelas II SDN Lingar 1. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scrambel berbantuan Websitegenially terhadap kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kuntitatif dan menggunakan desain quasi eksperimendandilakukan di SDN Linggar 1. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas II di sekolah tersebut, dengan total 56 siswa. Penelitian ini menggunakantekniksampel jenuh, dimana kelas II-A dijadikan sebagai kelas Ekperiment dan kelas II-Bsebagai kelas Kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tespretest dan posttest serta observasi. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS Statistic 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model Koopertaif Tipe scramble dengan bantuan website Ganially berpengaruh signifikan terhadappeningkatan kemampuan membaca permulaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis Independent Sample t-Test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, hasil uji effect sizemenunjukkan nilai sebesar 1,75, yang diinterpretasikan sebagai efek yangsangat tinggi. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,63 atau 63%, yangdikategorikan sebagai peningkatan sedang, sementara kelas kontrol hanya mencapai N-Gain sebesar 0,52 atau 52%, yang dikategorikan sebagai peningkatan sedang. Selain itu, nilai tes posttest dikelas ekperimen mendapatkan hasil rata-rata 79,35. Selanjutnya untuk tes posttest dikelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 68,10, Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Scramble dengan bantuanwebsite Ganially dalam meningkatkan Kemampuanmembaca permulaan. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Scramble berbantan website Genially Terhadapkemampuan membaca permulaan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:44 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69807 |
Actions (login required)
View Item |