PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SD MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL (Penelitian Quasi Eksperimen Siswa Kelas IV SDN Pasirlayung 03 Kab.Bandung)

PRAMESTI ELSA TRI INDAH, 205060082 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SD MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL (Penelitian Quasi Eksperimen Siswa Kelas IV SDN Pasirlayung 03 Kab.Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian yang lebih baik dan peningkatan penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SDN Pasirlayung 03. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Semua siswa kelas IV SDN Pasirlayung 03 menjadi populasi pada penelitian. Sampel dari penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yakni kelas IV A berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah model Problem Based Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Dilihat dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan pencapaian lebih baik juga eskalasi pada kelas eksprimen juga kelas kontrol, perihal ini ditilik atas perolehan uji independent sample t test memperoleh angka signifikansi sejumlah yaitu <,001. Kemudian jika dilihat dari N-gain kelas eksperimen sejumlah 0,71 atau 71% dan N-gain kelas kontrol sejumlah 0,42 atau 42%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pencapain lebih baik dan peningkatan yang signifikan pada kelas konvensional dengan kelas yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wordwall. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:19
Last Modified: 05 Sep 2024 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69767

Actions (login required)

View Item View Item