Febriansyah, Daffa Rizky (2024) FAKTOR-FAKTOR PERILAKU BULLYING SEBAGAI BENTUK KENAKALAN REMAJA DI SMK TI PEMBANGUNAN CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
7. Kata Pengantar.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
6. Ringkesan.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK (en).pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK (id).pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover Depan.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar Isi.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
10. Daftar Tabel.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor Perilaku Bullying Sebagai Bentuk Kenakalan Remaja di SMK TI Pembangunan Cimahi” memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana pengalaman serta pengetahuan mengenai fenomena perilaku bullying disekolah yang dialami oleh siswa/I korban bullying dan sudut pandang dari Guru Bimbingan Konseling serta Walikelas tentang perilaku bullying yang ada dilingkungan sekolah. Berlokasi di SMK TI Pembangunan Cimahi dengan lingkungan yang mendukung proses dalam menggali informasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Dalam pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan cara melakukan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dari hasil penelitian yang diambil di SMK TI Pembangunan Cimahi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa fenomena perilaku bullying merupakan sebuah kejadian yang memang tidak dapat dihindari dan pasti terjadi terus menerus. Fenomena perilaku bullying ini identik dengan sebuah kenakalan yang dilakukan oleh remaja, dengan melakukan tindakan melanggar aturan dan merugikan diri sendiri serta orang lain. Perilaku bullying ini menargetkan kepada seseorang yang tidak memiliki kemampuan untuk membela dan seringkali tindakan ini berujung pada cidera, baik fisik maupun psikis. Bullying ini ada bermacam kategorinya seperti: bullying secara fisik, bullying secara verbal, dan cyberbullying. Hasil lainnya yaitu munculnya faktor penyebab terjadinya perilaku bullying seperti: faktor dari individu itu sendiri, faktor dari interaksi sosial, dan faktor keluarga, dengan demikian yang memunculkan perilaku negatif seorang remaja di sekolah Pengalaman serta pengetahuan menjadikan penelitian ini memiliki ragam penjelasan. Dengan demikian perlunya peran pekerja sosial dalam penanganan fenomena perilaku bullying ini untuk membantu peran guru bimbingan konseling. Kata kunci: Fenomena, Kenakalan Remaja, Perilaku Bullying, Sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:09 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69700 |
Actions (login required)
View Item |