TOBING JESICA PASKAH LBN, 205030070 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 4 KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMA NASIONAL BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya minat peserta didik dalam membaca serta kalimat dalam bahan ajar teks negosiasi terlalu kompleks sehingga membuat peserta didik tidak memahami teks yang dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bab 4 Kelas X dalam pembelajaran teks negosiasi berdasarkan indeks kepadatan leksikal yang akan digunakan peserta didik kelas X SMA Nasional Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode R&D yang mengikuti model Sugiyono (2010) dengan langkah-langkahnya 4-D, yaitu penentuan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan implementasi (disseminate). Pengembangan bahan ajar menggunakan rumus Halliday (1976). Bahan ajar yang dikembangkan adalah buku “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X”, Bab 4 Teks Negosiasi; dan hasil penelitian dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi kelas X-1 di SMA Nasional Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepadatan leksikal pada bahan ajar orisinal tergolong tinggi sebesar 7,6 sehingga sulit dipahami oleh peserta didik. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menyederhanakan pola kalimat, sehingga menurunkan indeks kepadatan leksikal menjadi 6,6 yang berkategori sedang sehingga lebih mudah dipahami. Hal ini terbukti dari kenaikan nilai rata-rata pretest sebesar 43,2 dan nilai rata-rata posttest 81,6. Selain itu, hasil angket menunjukkan 58% peserta didik memahami bahan ajar versi pengembangan dan 42% peserta didik memahami bahan ajar versi orisinal. Diperkuat oleh hasil validasi tenaga pendidik yang menyatakan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan layak diberikan kepada peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berdasarkan indeks kepadatan leksikal dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Teks negosiasi, dan Indeks kepadatan leksikal.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:37 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69638 |
Actions (login required)
View Item |