PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 4 KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMA NASIONAL BANDUNG

TOBING JESICA PASKAH LBN, 205030070 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 4 KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMA NASIONAL BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya minat peserta didik dalam membaca serta kalimat dalam bahan ajar teks negosiasi terlalu kompleks sehingga membuat peserta didik tidak memahami teks yang dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bab 4 Kelas X dalam pembelajaran teks negosiasi berdasarkan indeks kepadatan leksikal yang akan digunakan peserta didik kelas X SMA Nasional Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode R&D yang mengikuti model Sugiyono (2010) dengan langkah-langkahnya 4-D, yaitu penentuan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan implementasi (disseminate). Pengembangan bahan ajar menggunakan rumus Halliday (1976). Bahan ajar yang dikembangkan adalah buku “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X”, Bab 4 Teks Negosiasi; dan hasil penelitian dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi kelas X-1 di SMA Nasional Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepadatan leksikal pada bahan ajar orisinal tergolong tinggi sebesar 7,6 sehingga sulit dipahami oleh peserta didik. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menyederhanakan pola kalimat, sehingga menurunkan indeks kepadatan leksikal menjadi 6,6 yang berkategori sedang sehingga lebih mudah dipahami. Hal ini terbukti dari kenaikan nilai rata-rata pretest sebesar 43,2 dan nilai rata-rata posttest 81,6. Selain itu, hasil angket menunjukkan 58% peserta didik memahami bahan ajar versi pengembangan dan 42% peserta didik memahami bahan ajar versi orisinal. Diperkuat oleh hasil validasi tenaga pendidik yang menyatakan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan layak diberikan kepada peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berdasarkan indeks kepadatan leksikal dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Teks negosiasi, dan Indeks kepadatan leksikal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:37
Last Modified: 29 Aug 2024 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69638

Actions (login required)

View Item View Item