KHAIRUNNISA, GHINA ZAKIYAH,205060066 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SD (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SDN Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif team games tournamen yang didukung aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar IPA dan IPA siswa kelas IV tahun ajaran 2023–2024. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi experiment). Pada penelitian ini, subjek yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Lembang Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian yakni kelas IV C sebanyak 21 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas IV B berjumlah 21 siswa, dan sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik dari pengumpulan data yaitu melalui tes yang berbentuk pilihan ganda dengan materi mengubah bentuk energi dan lembar hasil observasi sebagai data penunjang. Tes yang digunakan yaitu menggunakan pretest dan postest yang dijadikan untuk data hasil belajar terhadap siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji indeks tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Nilai pretest kelas eksperimen penelitian SD Negeri Lembang sebesar 59,76, sedangkan nilai posttest kelas eksperimen naik menjadi 84,76. Sebaliknya, kelas kontrol memperoleh nilai 52,62 pada pretest dan 72,14 pada posttest. Hasil uji independent t-test menunjukkan nilai signifikan dengan nilai t hitung sebesar 5,070 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) berbantuan aplikasi kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS pada kelas IV secara signifikan. Kata kunci : Kooperatif (Team games tournament) , Kahoot, hasil belajar, IPAS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 08:21 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 08:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69628 |
Actions (login required)
View Item |