Firdaus, Annisaa,205060130 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA ALPHABET SPINNER TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment Kelas I SDN Bugel 01 Ciparay). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDN Bugel 01 Ciparay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media alphabet spinner terhadap kemampuan membaca permulaan pada peserta didik di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1 SDN Bugel 01 Ciparay, dan sampel yang digunakan yaitu kelas 1-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 peserta didik dan kelas 1-B sebagai kelas kontrol sebanyak 25 peserta didik. dengan pemilihan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes dan non tes, tes yang digunakan berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media alphabet spinner memiliki perbedaan kemampuan membaca permulaan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai pretest kelas 1-A memiliki nilai rata-rata 45,61, sedangkan pada nilai posttest rataratanya 84.03. Pada kelas 1-B nilai rata-ratanya sebesar 44,28, sedangkan nilai posttest rata-ratanya sebesar 78,15. Berdasarkan pada hasil uji effect size yang diolah sebesar 1,00. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh dan hasil kemampuan membaca permulaan pada peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media alphabet spinner lebih tinggi dari peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : alphabbet spinner, membaca Permulaan, tipe Picture and Picture
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 06:21 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 06:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69624 |
Actions (login required)
View Item |