Nurholifah Diva, 205010028 (2024) PENGARUH MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Quasi Eksperimen di SMA BPPI Baleendah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover-2.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan Diva.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model self directed learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini didasarkan atas tiga rumusan masalah yaitu 1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam pencapaian hasil belajar peserta didik yang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang menggunakan metode Self-Directed Learning dengan yang tidak mengikutinya? 2) Bagaimana efektivitas model pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar? 3) Sejauhmana tanggapan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model SelfDirected Learning? Pendekatan yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Data-data diperoleh melalui kuesioner dan tes dan teknik analisis pengujian data menggunakan SPSS versi 26.0 Peneliti mengungkap bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dilihat dari hasil analisis peneliti 2) Efektivitas model pembelajaran self directed learning cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik 3) Tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran yang diberikan memperoleh respon positif dari peserta didik karena hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Meningkatnya hasil belajar peserta didik bukan semata-mata langsung meningkat, karena hal tersebut disebabkan oleh rencana pembelajaran yang dibuat oleh peserta didik sehingga peserta didik mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik tersebut. Kata Kunci: Self Directed Learning, Hasil Belajar Peserta didik, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:23 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69608 |
Actions (login required)
View Item |