RAMADHANI RAISHA JUDITHIA, 205040006 (2024) PENERAPAN MULTIPLE REPRESENTASI BERBANTUAN CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (519kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Mengajarkan konsep biologi dengan karakteristrik abstrak dan tidak mudah dipahami memerlukan berbagai upaya dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan multiple representasi berbantuan Canva sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi sistem koordinasi serta mengetahui respon-respon peserta didik terhadap multiple representasi berbantuan Canva Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI di sekolah SMA Pasundan 4 Bandung, karena adanya keterbatasan populasi sehingga jumlah populasi digunakan sebagai subjek penelitian. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes dan angket. Hasil perhitungan n-gain kelas eksperimen dengan perlakukan pembelajaran menggunakan multiple representasi menunjukkan peningkatan kognitif yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan multiple representasi berbantuan Canva, seperti video, gambar, tabel, diagram alir, peta konsep, simulasi sederhana dan teks mampu meningkatkan kemampuan kognitif C1 (mengingat) dengan nilai rata-rata posttest sebesar 80.22, C2 (memahami) dengan nilai rata-rata posttest sebesar 62.97, C3 (mengaplikasikan) dengan nilai rata-rata posttest sebesar 62.50, C4 (menganalisis) dengan nilai rata-rata posttest sebesar 66.92. Pembelajaran dengan multiple representasi mendapat respon yang positif dari peserta didik. Peserta didik terfasilitasi belajarnya dengan berbagai representasi dari materi biologi yang dipelajari. Kata kunci: Multiple representasi, Kemampuan Kognitif, Canva
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 07:04 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 07:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69565 |
Actions (login required)
View Item |