SUMIYATI, AI SITI, 205050051 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (753kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematika yang penting untuk diimiliki oleh siswa. Namun pada kenyataannya, kemampuan literasi matematis siswa masih tergolong rendah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMA yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Mengetahui self-confidence siswa SMA yang memperoleh model ProblemBased Learning (PBL) berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Mengetahui korelasi antara kemampuan literasi matematis dengan self-confidence siswa SMA yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitiannya yaitu non-equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas XI pada semester genap SMAN 9 Bandung tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 2 kelas berdasarkan pertimbangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan literasi matematis dan angket Selfconfidence. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis menggunakan software IBM SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMA yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Self-confidence siswa SMA yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis dengan self-confidence siswa SMA yang memperoleh model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra. Kata Kunci: Literasi Matematis, Self-Confidence, Problem-Based Leraning (PBL), Geogebra
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:04 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69555 |
Actions (login required)
View Item |