SUPARMAN, ADELLYA OCTAVIANI,205050014 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGRESAHAN.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan kurang efektifnya kegiatan pembelajaran dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu, perlu adanya pembaharuan dalam penggunaan model dan media pembelajaran di sekolah agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan optimal. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan quizizz apakah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) mengetahui apakah self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan selfconfidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan quizizz. 4) mengetahui efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan quizizz terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 5) mengetahui efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan quizizz terhadap self-confidence siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group desain. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Banjaran tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 2 kelas yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-confidence yang sudah divalidasi keandalannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model ProblemBased Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. 4) Efektivitas model ProblemBased Learning berbantuan Quizizz terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkategori sedang. 5) Efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz terhadap Self-confidence siswa berkategori sedang. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-Confidence, ProblemBased Learning, Quizizz.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:12 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69503 |
Actions (login required)
View Item |