PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 1 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS ARGUMENTASI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG

Ramadhan Fauzan Marwan, 205030113 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 1 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS ARGUMENTASI BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Buku teks utama "Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia" diterbitkan untuk pembelajaran Kurikulum Merdeka di sekolah. Buku bahan ajar dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam, tetapi peserta didik sering kesulitan memahami materi, khususnya dalam materi teks argumentasi. Indeks Kepadatan leksikal dalam teks dapat memengaruhi tingkat pemahaman; semakin tinggi kepadatan leksikalnya, semakin sulit juga pemahamannya. Penelitian ini menggunakan buku teks “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia” sebagai sumber data utama dan hasil observasi, angket, dan dokumentasi dari peserta didik dan tenaga pendidik Bahasa Indonesia di kelas XI PBR 2 SMK Pasundan 4 Bandung sebagai data sekunder. Metode R&D dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam pemahaman siswa setelah menggunakan pengembangan bahan ajar. Nilai rata-rata prates sebesar 41,33 meningkat menjadi 74,67 pada pascates, menunjukkan kenaikan sebesar 33,34%. Hal ini menegaskan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks argumentasi. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Teks Argumentasi, Indeks Kepadatan Leksikal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:03
Last Modified: 09 Aug 2024 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69502

Actions (login required)

View Item View Item