PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI di SMK Pasundan 2 Bandung)

Christina, 205020067 (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI di SMK Pasundan 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER CHRISTINA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan model project based learning serta melihat peningkatannya. Subjek pada penelitian yaitu siswa kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung, dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang terdiri dari pretest dan posttets, non tes dan studi dokumentasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Variabel pada penelitian ini yaitu penerapan model project based learning sebagai variabel bebas (X) dan kemampuan berpikir kritis sebagai variabel terikat (Y). hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 27,27% dengan nilai Ngain persen sebesar 55,59% tergolong sedang dan kelas kontrol sebesar 14,24% dengan nilai N-gain persen sebesar 16,90% tergolong rendah. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan uji-t yang menunjukkan hasil signifikan. Penelitian ini memberikan saran kepada beberapa pihak yang terkait yaitu diharapkan hasil penelitian memberikan gambaran untuk menerapkan model project based learning karena mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Model Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:37
Last Modified: 07 Aug 2024 04:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69483

Actions (login required)

View Item View Item