PENGARUH PELAKSANAAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA FKIP PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS PASUNDAN

RAHMAWATI KARUNIA PUTRI, 205020079 (2024) PENGARUH PELAKSANAAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA FKIP PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan PLP, minat menjadi guru, dan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa FKIP Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung PLP II dan minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru. Permasalahan yang diangkat meliputi: (1) Pelaksanaan program PLP II, (2) Minat menjadi guru, (3) Kesiapan menjadi guru, (4) Pengaruh PLP II terhadap kesiapan menjadi guru, (5) Pengaruh minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru, dan (6) Pengaruh simultan PLP II dan minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PLP II dan minat menjadi guru pada mahasiswa baik, sementara kesiapan menjadi guru sangat baik. PLP II memberikan pengaruh langsung sebesar 41,5% dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,2%, dengan total pengaruh sebesar 41,7%. Minat menjadi guru memberikan pengaruh langsung sebesar 0,5% dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,2%, dengan total pengaruh sebesar 0,7%. Secara simultan, PLP II dan minat menjadi guru menunjukkan pengaruh langsung sebesar 42% dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,4%, dengan total pengaruh sebesar 42,5%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa PLP II dan minat menjadi guru memiliki pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa FKIP Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pasundan Angkatan 2020. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis sarankan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat mahasiswa menjadi guru. dan mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi kesiapan menjadi guru mengingat 57,5% variabilitas kesiapan yang belum terjelaskan. Kata Kunci: PLP, Minat Menjadi Guru, Kesiapan Menjadi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:07
Last Modified: 07 Aug 2024 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69480

Actions (login required)

View Item View Item