Mutiara Mayang, 205020018 (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada siswa kelas X di SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarmya signifikansi motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket, teknik analisis data menggunakan uji analisis deskriptif, uji normalitas data, uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana, dan uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan: (i) secara deskriptif rekapitulasi motivali belajar rata – rata sebesar 3.67 dengan tafsiran 73% dengan kategori baik. Hasil rekaptulasi prestasi belajar rata rata 3.59 dengan tafsiran 72% dengan kategori Baik. motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa 0.958 dan nilai signifikansi 0,000. dan signifikansinya uji linear sederhana lebih kecil dari probolitas 0,05 yaitu sebesar 0,00, (ii) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan tafsiran cukup kuat antara kedua variabel sebesar 60,3% dilihat dari nilai R Square sebesar 0,603. Peneliti menyampaikan saran kepada pihak terkait, Guru lebih meningkatkan motivasi belajar siswa yang berasal dari dorongan eksternal. Siswa diharapkan agar belajar lebih giat dan lebih aktif didalam kegiatan belajar untuk lebih meningkatkan prestasi lebih optimal. Bagi peneliti selanjutnya hendak dapat mengambil sampel atau latar belakan seperti jenjang pendidikannya serta mencari faktor lain yang memiliki kekuatan pengaruh yang tinggi selain motivasi belajar. Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 08:59 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69475 |
Actions (login required)
View Item |