PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada siswa kelas X di SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

Mutiara Mayang, 205020018 (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada siswa kelas X di SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarmya signifikansi motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket, teknik analisis data menggunakan uji analisis deskriptif, uji normalitas data, uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana, dan uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan: (i) secara deskriptif rekapitulasi motivali belajar rata – rata sebesar 3.67 dengan tafsiran 73% dengan kategori baik. Hasil rekaptulasi prestasi belajar rata rata 3.59 dengan tafsiran 72% dengan kategori Baik. motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa 0.958 dan nilai signifikansi 0,000. dan signifikansinya uji linear sederhana lebih kecil dari probolitas 0,05 yaitu sebesar 0,00, (ii) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan tafsiran cukup kuat antara kedua variabel sebesar 60,3% dilihat dari nilai R Square sebesar 0,603. Peneliti menyampaikan saran kepada pihak terkait, Guru lebih meningkatkan motivasi belajar siswa yang berasal dari dorongan eksternal. Siswa diharapkan agar belajar lebih giat dan lebih aktif didalam kegiatan belajar untuk lebih meningkatkan prestasi lebih optimal. Bagi peneliti selanjutnya hendak dapat mengambil sampel atau latar belakan seperti jenjang pendidikannya serta mencari faktor lain yang memiliki kekuatan pengaruh yang tinggi selain motivasi belajar. Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:59
Last Modified: 06 Aug 2024 08:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69475

Actions (login required)

View Item View Item