PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Kemala Bhayangkari Tahun Ajaran 2023/2024)

AMELIA DEA, 205020056 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Kemala Bhayangkari Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran siswa sebelum dan sesudah menerapkan model Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen dan model Discovery Learning pada kelas kontrol, serta mengetahui seberapa besar peningkatan kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning terhadap efektivitas pembelajaran siswa di SMA Kemala Bhayangkari, tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, serta dokumentasi. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu penggunaan model Problem Based Learning (PBL) (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu efektivitas pembelajaran (Y). Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning (PBL) memperoleh nilai rata-rata pretest 56,11 dan posttest 84,54, dan pada kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning memperoleh nilai rata-rata pretest 46,61 dan posttest 79,93. Adapun hasil dari efektivitas pembelajaran dari kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 84,54 dan kelas kontrol mendapatkan rata-rata 79,93 serta N-Gain Score untuk kelas eksperimen (Problem Based Learning) sebesar 0,6490 termasuk kedalam kriteria sedang sementara untuk kelas kontrol (Discovery Learning) sebesar 0,6156 termasuk kedalam kriteria sedang, namun lebih besar apabila dibandingkan dengan hasil N-Gain Score kelas kontrol. Penulis menyampaikan kesimpulan bahwa kelas eksperimen dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, serta saran diharapkan bagi kepala sekolah dapat memfasilitasi, bagi guru diharapkan menggunakan model pembelajaran yang bervariatif, bagi siswa diharapkan lebih aktif dikelas pada saat proses pembelajaran, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas pembelajaran. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Efektivitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:46
Last Modified: 01 Aug 2024 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69451

Actions (login required)

View Item View Item