Nabilah Restu, 205060088 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Indonesia.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Inggris.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan pemahaman matematis yang dimiliki oleh peserta didik Sekolah Dasar, hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang seharusnya terpusat pada peserta didik tidak berjalan sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pelaksanaan pembelajaran, apakah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan memahaman matematis peserta didik, apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik, seberapa besar pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan IV-B sebagai kelas eksperimen, masing-masing berjumlah 29 orang, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Instrument penelitian menggunakan tes yaitu pelaksanaan pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 14 soal, serta non tes berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji N-gain, dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas kontrol dan eksperimen tidak terdapat perbedaan, sedangkan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan rata-rata. Nilai rata-rata kelas eksperimen yatitu 82,86 dan nilai rata-rata kelas konvensional 77,31. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada ranah kognitif mempunyai pengaruh, terlihat dari hasil uji N- gain yang telah dilakukan, nilai indeks gain yaitu sebesar 0,5187 yang termasuk ke dalam kategori sedang dan tafsiran N-gain mencapai 51,87% termasuk ke dalam kategori peningkatan kemampuan pemahaman matematis cukup efektif. Data lain terdilihat dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, nilai uji effect size mencapai 0,0604 dan termasuk ke dalam kategori effect sedang. Dari data yang telah diperoleh tersebut maka model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Kata kunci: Model Discovery Learning, kemampuan pemahaman matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 06:51 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 06:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69444 |
Actions (login required)
View Item |