PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PBL (PROBLEM-BASED LEARNING) BERBANTUAN MATH CITY MAP

RAMADHINA ATHAYA KAMILAH, 205050044 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PBL (PROBLEM-BASED LEARNING) BERBANTUAN MATH CITY MAP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB 1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB 2.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
16. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
17. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model PBL berbantuan Math City Map lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Mengetahui Self-Efficacy siswa yang memperoleh model PBL berbantuan Math City Map lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Mengetahui korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa yang memperoleh model PBL berbantuan Math City Map; (4) Mengetahui efektivitas model PBL berbantuan Math City Map untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design, sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas. Diperoleh kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Problem-Based Learning dan kelas VIII H sebagai kelas kontol yang memperoleh model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket Self-Efficacy. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 25.0 dan IBM SPSS 27.0 for windows. Hasil analisis data akhir dipeoleh bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) Self-Efficacy siswa yang memperoleh model ProblemBased Learning berbantuan Math City Map lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Math City Map; (4) Pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis efektivitasnya tergolong sedang. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy, Problem-Based Learning, Math City Map.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:10
Last Modified: 29 Jul 2024 06:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69408

Actions (login required)

View Item View Item