JAUZA ANBAR CANTIQHA, 205050049 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MATH CITY MAP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (612kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (364kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui adanya korelasi antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan selfefficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu Kelas XI E sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map dan Kelas XI A sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal uraian kemampuan berpikir kritis matematis dan instrumen non-tes berupa angket selfefficacy. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 23.0 for Windows 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-efficacy, Problem-Based Learning, Math City Map.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:30 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69361 |
Actions (login required)
View Item |