PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN DAYEUHKOLOT 02

SINAGA FRAWITA RISMATIO, 205060118 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN DAYEUHKOLOT 02. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Dayeuhkolot 02 Kab. Bandung T.A 2023/2024 dikarenakan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan menggunakan model konvensional. Hal ini menjadikan siswa hanya sebagai penerima materi dan pembelajaran pasif yang tidak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan dan pengaruh model Discovery Learning berbantuan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN Dayeuhkolot 02. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan kelompok pembanding. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V SDN Dayeuhkolot 02 sebanyak 39 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok , yaitu VA sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dengan penggunaan model Discovery Learning berbantuan aplikasi Quizizz sedangkan kelas VB sebanyak 19 siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional.Hasil penelitian ini dengan menggunakan model Discovery Learning, diperoleh data bahwa dari pertemuan satu hingga pertemuan ketiga dilaksanakan dengan baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,25 dengan kategori baik selanjutnya berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,44 dengan kategori baik. Hasil penelitian selanjutnya bahwa Pengaruh model Discovery Learning berbantuan Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N Dayeuhkolot 02 dengan materi Siklus Air. Dari perhitungan Uji t Sig. (2.tailed) sebesar 0,000 <0,05, maka sebagaimana dalam pengambilan keputusan uji hipotesis independent sample t Test menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha di terima. Dan pengujian mengggunakan Effect Size sebesar 1.94 dengan kategori besar. Maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan aplikasi Quizizz berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Dayeuhkolot 02 Kata Kunci: Hasil belajar, Model Discovery Learning, Aplikasi Quizizz

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:28
Last Modified: 19 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69343

Actions (login required)

View Item View Item