E-COMMERCE ADOPTION USING THE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) APPROACH IN THE MSME FASHION SECTOR IN MAJALENGKA DISTRICT ADOPSI E-COMMERCE MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA UMKM SEKTOR FASHION DI KABUPATEN MAJALENGKA

Noer Fitriani, Nastiti and Yogaswara, Yoga and Muhammad Fird, Oktri (2024) E-COMMERCE ADOPTION USING THE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) APPROACH IN THE MSME FASHION SECTOR IN MAJALENGKA DISTRICT ADOPSI E-COMMERCE MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA UMKM SEKTOR FASHION DI KABUPATEN MAJALENGKA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL NASTITI_UNPAS.doc

Download (164kB)
[img] Text
Abstrak_MTI.docx

Download (15kB)

Abstract

Terjadi penurunan jumlah UMKM di Kabupaten Majalengka dari 2018 hingga 2022, meskipun terdapat peningkatan di sektor tertentu seperti pengolahan pangan. UMKM di sektor fashion masih kurang berkembang meskipun memiliki potensi pasar yang besar melalui e-commerce. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk menganalisis dan meningkatkan adopsi e-commerce di kalangan UMKM adalah Technology Acceptance Model (TAM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Dengan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) ditemukan bahwa 1] Kemudahan penggunaan yang dirasakan (perceived ease of use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap manfaat yang dirasakan (perceived usefulness); 2] Kemudahan penggunaan yang dirasakan (perceived ease of use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude towards using); 3]Manfaat yang dirasakan (perceived usefulness) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude towards using); 4] Manfaat yang dirasakan (perceived usefulness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk menggunakan (intention to use); 5] Sikap penggunaan (attitude towards using) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk menggunakan (intention to use); 6]Niat Menggunakan (Intention to use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Sesungguhnya (Actual Usage) penggunaan E-commerce pada UMKM sektor Fashion di Kabupaten Majalengka. Oleh karena itu, disarankan bagi UMKM sektor fashion untuk fokus pada penggunaan platform e-commerce dan terus memperbarui situs web mereka. Kata Kunci: UMKM, Technology Acceptance Model, E-commerce

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:03
Last Modified: 17 Jul 2024 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69320

Actions (login required)

View Item View Item