KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN MENIKAH MELALUI PROSES TA’ARUF DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Teori Dialektika Relasional)

Musyarifah, Hasna (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN MENIKAH MELALUI PROSES TA’ARUF DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Teori Dialektika Relasional). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi-tabel-gambar-lampiran.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Ta’aruf merupakan sebuah proses untuk mengenal calon pasangan sebelum menikah dan dapat menjadi solusi bagi masyarakat jika ingin menjaga pergaulan bebas namun bisa mendapatkan pasangan yang sesuai dengan keinginan karena proses ta’aruf. Penelitian berjudul “Komunikasi Interpersonal Pasangan Menikah Melalui Proses Ta’aruf di Kota Bandung” ini memiliki tujuan memberi tahu masyarakat jika pernikahan yang dilakukan melalui proses ta’aruf dapat berjalan dengan baik. Dengan menggunakan teori dialektika Baxter dan Montgomery, penelitian ini menunjukkan jika komunikasi antarpribadi pasangan menikah tidak terlepas dari ketegangan dan kontradiktif sehingga menunjukkan bagaimana pasangan menghadapi dialektika dalam hubungan antarpribadi. Penelitian ini memperlihatkan bagaimana pasangan menikah memenuhi lima aspek komunikasi antarpribadi yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivisme yang percaya bahwa kebenaran memiliki penafsiran berbeda. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui tahap wawancara secara mendalam yang dilakukan beberapa kali, observasi hasil wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Subjek penelitian ini diperoleh melalui kriteria usia pernikahan 0-10 tahun agar menunjukkan bagaimana persamaan dan perbedaan hubungan antarpribadi yang dilalui oleh pasangan di satu dekade awal pernikahan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan walaupun cara kerja rumah tangga berbeda-beda, pasangan memiliki pola komunikasi antarpribadi yang serupa dan memiliki dialektika tersendiri yang terbilang cukup umum atau normal. Pasangan yang menikah melalui proses ta’aruf terasa kesetaraannya dan lebih stabil dalam berkomunikasi karena sudah memiliki fondasi kuat setelah menyamakan prinsip dan visi misi pernikahan sehingga hal tersebut menjadi titik balik ketika hubungan sedang berada dalam dialektika. Jika ada dialektika dalam hubungan, keduanya akan kembali ke komitmen awal dan penyelesaiannya pun lebih mudah karena fondasi hubungan yang kuat dan komunikasi yang stabil. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Dialektika Relasional, Kontradiksi, Ta’aruf, Pasangan Menikah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:40
Last Modified: 11 Jul 2024 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69273

Actions (login required)

View Item View Item