PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

SUHARYATI AMI OKTIMA, 205060096 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep IPAS peserta didik sekolah dasar di SDN 066 Halimun pada kelas IV. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi experiment). Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi guru dan peserta didik dan menggunakan instrumen pretest posttest berbentuk pilihan ganda untuk kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian ini diketahui proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dilakukan sesuai dengan sintaks model seperti menyajikan permasalahan yang berkaitan dengan materi yang dipelajari, melakukan tanya jawab diskusi secara kelompok, bekerjasama dengan kelompok, mempresentasikan hasil kaya kelompok, menganalisis hingga mengevaluasi proses pemecahan masalah. Nilai signifikansi (Sign.) sebesar 0.019 yang artinya kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep IPAS peserta didik sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, pemahaman konsep, pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:36
Last Modified: 11 Jul 2024 02:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69272

Actions (login required)

View Item View Item