PERANAN MANAJEMEN KOMUNIKASI PERSUASIF DOSEN DALAM MEMBANGUN MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PASUNDAN

Lugina, Gagin Widy (2024) PERANAN MANAJEMEN KOMUNIKASI PERSUASIF DOSEN DALAM MEMBANGUN MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Peranan Manajemen Komunikasi Persuasif Dosen dalam Membangun Minat dan Disiplin Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif dosen dalam membangun minat dan disiplin belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan berdasarkan teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. Defleur dan Sandra J. Ball Roceach, yaitu teori strategi psikodinamika, strategi sosiokultural dan strategi the meaning construction. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi psikodinamika yang dilakukan oleh dosen- dosen ilmu komunikasi UNPAS adalah dengan memberikan stimulus berupa pesan yang informatif dan edukatif, motivasi, saran-saran yang membangun. Dalam strategi sosiokultural, dosen ilmu komunikasi UNPAS membuat konstruksi lingkungan di dalam kelas untuk menarik minat belajar mahasiswa. Selain itu, dosen juga membuat peraturan guna meningkatkan disiplin mahasiswa dan memberikan contoh sikap kepada mahasiswa di dalam maupun di luar pembelajaran. Pada strategi the meaning construction, dosen-dosen ilmu komunikasi UNPAS memberikan perumpamaan atau analogi terkait suatu hal, materi, bahasa atau istilah yang bagi mahasiswa hal tersebut adalah sesuatu yang baru atau awam. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan oleh dosen-dosen ilmu komunikasi UNPAS dalam membangun minat dan disiplin belajar mahasiswa terlihat berhasil dilihat dari mahasiswa yang menjelaskan ketertarikannya untuk belajar ketika ada dosen yang menggunakan tiga aspek tersebut. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Dosen, Minat dan Disiplin Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:04
Last Modified: 09 Jul 2024 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69262

Actions (login required)

View Item View Item