PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI KARYA ILMIAH DENGAN METODE TUTORIAL MELALUI MODA DARING VIDEOSCRIBE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MA ARAFAH

RAHMAN ZULPAN FADLU, 175030060 (2024) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI KARYA ILMIAH DENGAN METODE TUTORIAL MELALUI MODA DARING VIDEOSCRIBE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MA ARAFAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Karya ilmiah bagi beberapa orang dipandang sebagai sesuatu yang rumit karena terkesan pembahasannya terlalu serius dengan banyak menggunakan kata formal yang jarang didengar. Hal ini yang melatar belakangi penulis untuk melakukan penelitian mengonstruksi karya ilmiah dengan metode tutorial melalui moda daring videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk membantu peserta didik menemukan cara yang mudah serta menyenangkan dalam mengonstruksi sebuah karya ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tutorial, populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA Arafah yang berjumlah 29 orang, sampel pada penelitian ini yaitu 15 orang untuk kelompok eksperimen dan 14 orang kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan (pre-test dan post-test). Adapun hasil pengolahan data pada kelompok eksperimen dipereoleh nilai rata-rata 80,00. Sedangkan hasil hasil dari kelompok control diperoleh nilai rata-rata 60,00. Maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode tutorial videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa metode tutorial videoscribe dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, memudahkan peserta didik untuk memahaminya sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Peserta didik juga menjadi termotivasi untuk mengontruksi sebuah karya ilmiah Kata kunci: Pembelajaran, karya ilmiah, tutorial, videoscribe

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:04
Last Modified: 05 Jul 2024 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69245

Actions (login required)

View Item View Item