AKIBAT HUKUM PROYEK PENGADAAN TANAH BAGI KEPENTINGAN UMUM TERHADAP OBJEK HAK TANGGUNGAN BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM JUNCTO UNDANG – UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN

SANDY PUTRA, SUWANDA (2024) AKIBAT HUKUM PROYEK PENGADAAN TANAH BAGI KEPENTINGAN UMUM TERHADAP OBJEK HAK TANGGUNGAN BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM JUNCTO UNDANG – UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Syarat Bebas Perpustakaan Suwanda Sandy Putra.docx

Download (206kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam tesis ini mengenai status tanah yang dibebani hak tanggungan yang terkena proyek pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, kemudian akibat hukum dan perlindungan hukum bagi kreditur sebagai pemegang jaminan atas tanah yang ditetapkan sebagai objek proyek pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepantingan umum. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Analisis dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif, untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu : penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Hasil kajian adalah Status Hak Tanggungan memiliki kedudukan istimewa atau keutamaan yang melekat pada kreditor sebagai pemegang Hak Tanggungan tersebut. Dalam kasus ini kedudukan istimewa atau keutamaan Hak Tanggungan tersebut berubah menjadi tidak istimewa atau utama ketika tanah yang dibebani Hak Tanggungan tersebut ditetapkan sebagai lokasi Pengadaan Tanah. Statusnya tetap melekat Hak Tanggungan terhadap tanah tersebut namun sifat dari kedudukan isitimewa dan keutamaan Hak Tanggungannya berubah menjadi tidak istimewa dan utama. Status Hak Tanggungan hapus pada saat ganti kerugian dilakukan pada pihak yang berhak. Sesuai dengan ketentuan hapusnya Hak Tanggungan disebakan hak atas tanah yang jatuh ketangan Negara untuk proyek Pengadaan Tanah dengan cara ganti kerugian. Perlindungan hukum bagi Bank sebagai kreditor dalam kasus ini, ada dua segi yaitu pelindungan dari segi ketentuan Peraturan Perundang-Undangan mengenai Pengadaan Tanah dan perlindungan dari segi Hukum Jaminnan. Kata kunci: Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum, Hak Tanggungan, Akibat Hukum Perlindungan Hukum.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Magister Kenotariatan 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:13
Last Modified: 24 Jun 2024 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69131

Actions (login required)

View Item View Item