PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN IPS

SRI NURJALILAH, 115060042 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover skripsi.docx

Download (36kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SRI NURJALILAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
MOTO SRI NURJALILAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK B.INDONESIA DAN INGGRIS.docx

Download (19kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR sri.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH SRI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAT PUSTAKA.docx

Download (27kB)
[img] Text
daftar riwayat hidup.docx
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penumbuhan sikap percaya diri serta hasil belajar siswa dengan meggunakan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning yang dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan yang mengakibatkan kurangnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa di bawah KKM 70. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tetap. Subjek tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Kebon Gedang 02 yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dapat menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa yang berdampak langsung pada hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kebon Gedang 02. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang ada peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebanyak 95,83% dari hasil awal 37,50% Pada siklus II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 95,80% Hal ini dikarenakan penerapan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah pembelajaran, karena model pembelajaran ini mengutamakan proses pembelajaran yang nyata untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap-tahap yang melatih kemampuan siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning berhasil ditingkatkan. Kata kunci : Contexstual Teaching and Learning, Hasil Belajar Siswa, Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Jul 2016 13:32
Last Modified: 29 Jul 2016 13:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6879

Actions (login required)

View Item View Item