SRI NURJALILAH, 115060042 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover skripsi.docx Download (36kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SRI NURJALILAH.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
MOTO SRI NURJALILAH.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
ABSTRAK B.INDONESIA DAN INGGRIS.docx Download (19kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR sri.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH SRI.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB 3.docx Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
Text
BAB 4.docx Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
BAB 5.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
DAFTAT PUSTAKA.docx Download (27kB) |
|
Text
daftar riwayat hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penumbuhan sikap percaya diri serta hasil belajar siswa dengan meggunakan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning yang dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan yang mengakibatkan kurangnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa di bawah KKM 70. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tetap. Subjek tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Kebon Gedang 02 yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dapat menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa yang berdampak langsung pada hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kebon Gedang 02. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang ada peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebanyak 95,83% dari hasil awal 37,50% Pada siklus II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 95,80% Hal ini dikarenakan penerapan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah pembelajaran, karena model pembelajaran ini mengutamakan proses pembelajaran yang nyata untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap-tahap yang melatih kemampuan siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning berhasil ditingkatkan. Kata kunci : Contexstual Teaching and Learning, Hasil Belajar Siswa, Percaya Diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 13:32 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 13:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6879 |
Actions (login required)
View Item |