LINDA ROSIANA, 115060086 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR BAGI SISWA KELAS III PADA MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI SEKITAR RUMAH DAN SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI MAMI.docx Download (114kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN MAMI.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
moto dan abstrak.docx Download (15kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN MAMI.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR MAMI.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI MAMI.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
Bab 4 jadi.docx Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
RIWAYAT PENULIS.docx Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah bahwa siswa SDN Pakutandang 02 di kelas III saat pembelajaran IPS terlihat pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain Elliot. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik pretes dan post tes. Temuan di lapangan saat penelitian di antaranya siswa kurang memiliki keberanian untuk bertanya, mengemukakan pendapat dan memecahkan masalah. Hasil peningkatan dari kemampuan berpikir kritis pada siklus I: 11,3 Siklus II: 88,7. Adapun peningkatan hasil belajar pada siklus I adalah 37,73, siklus II: 62,26. Dengan demikian peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menggunakan model problem based learning sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Siswa Kelas III, SDN Pakutandang 02, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem based learning, IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 13:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 13:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6878 |
Actions (login required)
View Item |