FAWWAZ ZULFIKAR MUHAMMAD, 195020078 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Pasundan 8 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (334kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (141kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (181kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41kB) |
Abstract
Dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya model pembelajaran yang digunakan dan pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru, menyebabkan kurangnya tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) tingkat kemampuan berpikir siswa pada kelas eksperimen sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament, (ii) tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (iii) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada kelas eksperimen dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas kontrol, (iv) Pengaruh dari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Tingkat Berpikir Kreatif Siswa pada kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, test dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (i) Terdapat perbedaan yang cukup signfikan pada kelas eksperimen dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor pre-tes sebesar 29,45 dan skor post-test sebesar 40,10 dari skor maksimal 50. (ii) Terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada kelas kontrol dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor pretes sebesar 29,65 dan skor post-test sebesar 38,05 dari skor maksimal 50. (iii) Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. (iv) Berdasarkan hasil pengujian effect size size yang memperoleh hasil sebesar 0,333 atau 33,3% yang merupakan kategori sedang artinya terdapat Pengaruh dari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament terhadap Tingkat Berpikir Kreatif Siswa pada kelas eksperimen. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada kepada sekolah agar memfasilitasi guru dalam menerapkan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan kepada guru agar menjadikan model TGT sebagai alternatif dalam pembelajaran yang dilakukan serta guru dapat bervariasi dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament, Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 06:53 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 06:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68727 |
Actions (login required)
View Item |