WARDI PUTRI DEWI RACHMA, 185020080 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Peserta Didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Klari Karawang T.A 2022/2023 Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (12kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (564kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (506kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (363kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi pada peserta didik kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Klari Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan jumlah populasi 85 peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi digunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian tersebut sebagai berikut: (i) pengaruh pemanfaatan literasi digital peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Klari Karawang dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil olah data yang dilakukan, hasil menunjukan bahwa skor rata-rata yaitu sebesar 77,5 yang artinya pada kategori baik. (ii) kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Klari Karawang menunjukan hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil olah data yang dilakukan, hasil menunjukan bahwa skor rata-rata sebesar 71,7 yang artinya ada pada kategori baik. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan nilai R² adalah sebesar 0,372 yang dapat dikatakan bahwa pengaruh pemanfaatan literasi digital memiliki kontribusi sebesar 37,2% terhadap Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Klari Karawang. Kata Kunci: Literasi Digital, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 03:59 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 03:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68725 |
Actions (login required)
View Item |