FENOMENA SOCIAL CLIMBER SEBAGAI GAYA HIDUP MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM DI KOTA BANDUNG (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa di Kota Bandung)

Alfaridzki, Aldi Eki (2024) FENOMENA SOCIAL CLIMBER SEBAGAI GAYA HIDUP MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM DI KOTA BANDUNG (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata pengantar.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas dan mengeksplorasi fenomena mahasiswa social climber di Kota Bandung pada media sosial instagram. Social climber adalah seseorang yang berusaha masuk pada kelas sosial menengah ke atas untuk mendapat pengakuan dari orang lain dengan goals agar dilihat sebagai orang kaya. Masalah inilah yang sering terjadi pada mahasiswa saat ini, gaya hidup hedonis yang menjadi acuan mereka untuk mendapatkan teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif, makna dan tindakan para mahasiswa dalam melakukan social climber di instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif kemudian dilakukan secara intensif dan terperinci terhadap objek penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa motif, tindakan dan makna yang dialami oleh mahasiswa social climber memiliki kaitan dengan pengalaman masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Hal inilah yang menimbulkan hasrat pada mahasiswa untuk melakukan social climber. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa social climber merupakan kebutuhan sekunder manusia yang dapat berubah tergantung zaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Kata kunci: Social Climber, Gaya Hidup, Instagram, Personal Branding, Fenomena, dan Status Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:16
Last Modified: 04 Apr 2024 06:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68703

Actions (login required)

View Item View Item