PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN (Penelitian Pre Experiment Pada Siswa Kelas XII TAV Di SMK Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

ROMDANAH DEFI, 195020059 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN (Penelitian Pre Experiment Pada Siswa Kelas XII TAV Di SMK Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman konsep sebelum dan sesudah pengimplementasian model Discovery Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TAV sebagai kelas eksperimen di SMK Pasundan 2 Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, instrumen tes berupa pretest, posttest, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre Experiment dengan desain One Group Pretest Posttest. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman konsep pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan dengan perolehan nilai rata-rata pretest 48.469 dan posttest 86.984. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pada hasil uji N-Gain sebelum dan sesudah diberikan perlakuan khusus yang menunjukkan perolehan skor sebesar 0.745 atau 74,50%. Artinya penerapan model Discovey Learning mampu membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep pada kelas XII TAV. Sebagai akhir penelitian, saran yang dapat diberikan bagi kepala sekolah, dapat memberikan kebijakan, arahan dan dukungan kepada para guru dalam mengambil keputusan penggunaan model pembelajaran. Bagi guru, dapat dijadikan referensi dalam meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran siswa. Bagi siswa, diharapkan untuk lebih aktif ketika proses pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep melalui materi yang akan dipelajari, penggunaan metode, taktik, media pembelajaran yang lebih berbeda. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:05
Last Modified: 03 Apr 2024 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68662

Actions (login required)

View Item View Item