Rahmadini, Septiarini Nur (2024) ANALISIS STRATEGI PROMOSI PRODUK PT. FRESHGO ANDALAN INDONESIA DI SHOPEE DAN LAZADA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Freshgo Indonesia adalah perusahaan start up asal Bandung yang menyediakan produk makanan terutama produk fresh seperti buah, sayuran, daging, dan juga menyediakan produk produk unggulan dari UMKM Indonesia. Freshgo memiliki toko offline dan online yag melayani konsumen setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Freshgo Indonesia menggunakan beberapa e-commerce untuk memasarkan produknya secara online diantaranya yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Blibli. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan PT. Freshgo Indonesia di platform Shopee dan Lazada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara terstruktur kepada pemilik dan staff marketing perusahaan dan observasi nonpartisipan, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan data reduction, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan PT. Freshgo Andalan Indonesia di Shopee dan Lazada memiliki strategi yang sedikit berbeda tetapi sangat berpengaruh terhadap pendapatan penjualan di masing-masing e-commerce. Perbedaan strategi promosi terletak pada penggunaan iklan berbayar dan keaktifan perusahaan dalam maksimal dalam memanfaatkan fitur promosi secara optimal dengan menjalankan sales promotion mendekorasi toko setiap bulan, menaikkan produk secara berkala, dan menggunakan iklan berbayar secara rutin. Sebaliknya, di platform Lazada, Freshgo Indonesia tidak terlalu aktif dalam mempromosikan produknya dengan hanya menggunakan fitur- fitur promosi gratis seperti memberikan kupon diskon, flash sale dan mengikuti campaign yang direkomendasikan Lazada tidak ada aktivitas promosi berbayar, menaikkan produk, dan dekorasi toko secara rutin. Hal tersebut menyebabkan kurangnya visibilitas produk dan jangkauan audience di Lazada sehingga pendapatan penjulaan menjadi lebih sedikit dibandingkan pendapatan penjualan di Shopee. Kata Kunci: Strategi promosi, Freshgo.id
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 06:38 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 03:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68570 |
Actions (login required)
View Item |