PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ARJASARI (Penelitian Survei pada Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung)

WIDIAWATI NOVI, 195060122 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ARJASARI (Penelitian Survei pada Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa karena ketidaktepatan penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sangat penting, karena memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir siswa. Dengan demikian upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahn tersebut, yaitu dengan menerapkan inovasi pembelajaran melalui implementasi penggunaan model discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner penggunaan model discovery learning dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi sederhana yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh peran guru dalam penggunaan model discovery learning. Terdapat adanya pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai 0,039 dalam uji regresi sederhana. Kata Kunci : Model discovery learning, kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:38
Last Modified: 30 Jan 2024 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67775

Actions (login required)

View Item View Item