WIDIAWATI NOVI, 195060122 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ARJASARI (Penelitian Survei pada Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa karena ketidaktepatan penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sangat penting, karena memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir siswa. Dengan demikian upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahn tersebut, yaitu dengan menerapkan inovasi pembelajaran melalui implementasi penggunaan model discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner penggunaan model discovery learning dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi sederhana yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh peran guru dalam penggunaan model discovery learning. Terdapat adanya pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai 0,039 dalam uji regresi sederhana. Kata Kunci : Model discovery learning, kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67775 |
Actions (login required)
View Item |