Sani Nisa Madinatu, 185020087 (2024) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X IPS DI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 (Survei Pada Siswa Kelas X di SMA Nasional Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPS di SMA Nasional Bandung, yang bertujuan untuk mengetahui: (i) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa (ii) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara teman sebaya terhadap kecerdasan emosional siswa (iii) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap kecerdasan emosional siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (i) Pengaruh lingkungan keluarga memliki hubungan yang tinggi/kuat dengan kecerdasan emosional siswa (ii) Pengaruh teman sebaya memiliki hubungan yang sedang/cukup kuat dengan kecerdasan emosional siswa (iii) Pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya memiliki hubungan yang signifikan dengan kecerdasan emosional siswa (iv) Pengaruh lingkungan keluarga dengan perolehan nilai signifikansi 35,2% dan nilai t hitung 6,221 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, diputuskan untuk menolak Ho sehingga Ha diterima (v) Pengaruh teman sebaya dengan perolehan nilai signifikansi 19,3% dengan nilai t hitung 3,912. nilai t hitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, diputuskan untuk menolak Ho sehingga Ha diterima (vi) Pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa dengan nilai signifikansi 5% dan f hitung 56,31 lebih besar dari Ftabel 3,093, diputuskan untuk menolak Ho sehingga Ha diterima. Sebagai akhir peneliti penulis menyampaikan saran: (i) bagi sekolah sebagai bahan peninjauan dalam pengambilan keputuan untuk meningkatkan kualitas siswa (ii) bagi guru penelitian ini bisa memberikan informasi khususnya mengenai keadaan keluarga, teman sebaya, dan keadaan kecerdasan emosional siswa (iii) bagi siswa untuk memberikan pengaruh yang baik sehingga dapat merangsang semangat siswa untuk meningkatkan kecerdasan emosionalnya (iv) bagi orang tua sebagai bahan pertimbangan dengan memberikan suasana yang nyaman dirumah agar dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungan rumah (v) bagi peneliti selanjutnya, bisa digunakan bahan referensi penelitian, sebagi bahan pertimbangan untuk memperdalam penelitian selanjutnya dengan menggunakan variabel lain yang belum tertera pada penelitian ini Kata kunci : lingkungan keluarga, teman sebaya, kecerdasan emosional
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 06:31 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 06:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67750 |
Actions (login required)
View Item |