Oktaviani Indah, 185020047 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra Materi Industri Keuangan Non-Bank Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover_ Skripsi_Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan_Skripsi_Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi FKIP UNPAS_HR3P.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text
7. BAB IV_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
8. BAB V_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka_ Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sarana untuk meningkatkan kualitas diri diantaranya meningkatkan kualitas diri dalam kemampuan berpikir salah satunya kemampuan berpikir lateral. Tujuan penulis yakni mengetahui bagaimana penerapan model inkuiri sosial dan kemampuan berpikir lateral peserta didik serta seberapa besar pengaruh model pembelajaran inkuiri sosial terhadap kemampuan berpikir lateral peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra tahun ajaran 2022/2023. Dengan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri sosial pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra tahun ajaran 2022/2023?, 2) Bagaimana kemampuan berpikir lateral siswa pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan nonbank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra tahun ajaran 2022/2023? dan 3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran inkuiri Sosial terhadap kemampuan berpikir lateral siswa pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra tahun ajaran 2022/2023?. Metode penelitian yang dipakai oleh penulis, metode survey dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji hipotesis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian yakni 1) Penerapan model pembelajaran inkuiri sosial pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 berada dalam kategori “Baik” dengan nilai rata-rata sebesar 3,85 atau sama dengan persentase 77%. 2) Kemampuan berpikir lateral siswa pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 berada dalam kategori Baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,74 atau sama dengan persentase 75%. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri sosial terhadap kemampuan berpikir lateral siswa pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra dibuktikan dengan koefisien determinasi R Square dengan bobot 0,596 dengan persentase 59,6% yang dikategorikan “Sedang”. Sebagai akhir penelitian peneliti menyampaikan saran kepada; 1) Sekolah agar mampu mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan lebih memperhatikan kemampuan berpikir lateral peserta didik, 2) Guru sebaiknya mengambil peran yang lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan mengaplikasikan beragam model pembelajaran, seperti contohnya model pembelajaran inkuiri sosial dan 3) Peneliti vi selanjutnya disarankan untuk melanjutkan penelitian terkait pengaruh model pembelajaran inkuiri sosial terhadap kemampuan berpikir lateral peserta didik di sekolah dan kelas yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Sosial, Kemampuan Berpikir Lateral
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 08:34 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 08:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67505 |
Actions (login required)
View Item |