KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED

Juminar, Jujum (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jujum Juminar_mpm.docx

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Jujum Juminar MPM.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pendekatan pembelajaran Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa serta hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa. Pola asuh orangtua yang dikaji adalah pola asuh permisif dan demokratis. Metode penelitiaan ini adalah Mixed Method tipe Embedded Design dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Instrumen yang digunakan berupa non-tes berupa angket, lembar observasi, dan wawancara serta Tes berupa pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK ICB Cinta Wisata Bandung. Sampel penelitiannya adalah 2 kelas, yaitu siswa kelas X JB 1 dan kelas X JB 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Mann-Whitney U dan Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis dan Motivasi Belajar Siswa dengan pendekatan pembelajaran Open- Ended lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional 2) Terdapat hubungan/korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-Ended 3) Terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan pola asuh orang tua dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Motivasi Belajar Siswa; Pendekatan Pembelajaran Open-Ended, Pola Asuh Orang tua

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:41
Last Modified: 09 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67422

Actions (login required)

View Item View Item