HUBUNGAN TINGKAT PERSENTASE ALOKASI ANGGARAN PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT PERSENTASE ANGKA PARTISIPASI KASAR PENDIDIKAN DI JAWA BARAT PADA TAHUN 2018-2021

HASANAH YOSI HURIFATUL, 195020063 (2023) HUBUNGAN TINGKAT PERSENTASE ALOKASI ANGGARAN PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT PERSENTASE ANGKA PARTISIPASI KASAR PENDIDIKAN DI JAWA BARAT PADA TAHUN 2018-2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (i) bagaimana tingkat persentase alokasi anggaran pendidikan di Jawa Barat pada tahun 2018-2021 (ii) untuk mengetahui tingkat persentase APK di Jawa Barat pada tahun 2018-2021 (iii) untuk mengetahui hubungan tingkat persentase alokasi anggaran pendidikan dengan tingkat persentase angka partisipasi kasar pendidikan di Jawa Barat pada tahun 2018-2021. Jenis penelitian ini kuantitatif dan pengumpulan data penelitian menggunakan data-data statistik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif simetris. Data yang diambil dilihat dari persentase anggaran pendidikan, dan persentase angka partisipasi kasar pendidikan di Jawa Barat pada tahun 2018- 2021. Analisis data yang digunakan yaitu model estimasi regresi data panel Fixed Effect Model dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi spearman rank dengan bantuan aplikasi olah data Eviews 12. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (i) hasil uji korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara anggaran pendidikan dan angka partisipasi kasar pendidikan menunjukan nilai r (korelasi spearman rank) sebesar 1 dan nilai signifikansi 0,0013 yang artinya terdapat hubungan yang positif antara kedua variabel. (ii) nilai spearman rank correlation anggaran pendidikan dengan angka partisipasi kasar pendidikan sebesar -0,30 menunjukan tingkat hubungan yang tidak searah dan cenderung rendah. Saran dari penulis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (i) bagi pemerintah pusat untuk lebih memperhatikan masalah ketimpangan akses pendidikan dengan memberikan layanan Pendidikan yang merata di setiap daerah, program Pendidikan yang konsisten dan peningkatan fasilitas Pendidikan terutama peningkatan akses internet di beberapa daerah tertinggal (ii) bagi pemerintah daerah untuk lebih menyerap dan mengelola anggaran pendidikan dengan tepat (iii) bagi pendidik dapat ikut mendukung dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan (iv) bagi peneliti selanjutnya dapat lebih menyempunakan penelitian ini dengan memperbaharui tahun periode, memperbanyak data dan teori penelitian serta menambah variabel-variabel lain. Kata kunci : persentase anggaran pendidikan. pesentase angka artisipasi kasar pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:38
Last Modified: 02 Nov 2023 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67372

Actions (login required)

View Item View Item