MILLANIA DITTA, 195050009 (2023) KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS DAN SELFCONCEPT SISWA SMA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
MOTO HIDUP, kata pengantar, abstract.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (521kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut: (1) Menyelidiki apakah kemampuan abstraksi siswa SMA dalam matematika mengalami peningkatan lebih tinggi setelah belajar menggunakan Discovery Learning dengan bantuan GeoGebra dibandingkan dengan pembelajaran konvensional; (2) Menyelidiki apakah selfconcept siswa SMA meningkat lebih baik melalui metode Discovery Learning dibandingkan dengan metode konvensional; (3) Mengidentifikasi apakah terdapat korelasi antara self-concept dan kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang menggunakan Discovery Learning dengan bantuan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI SMA Handayani 1 Pameungpeuk. Ada dua kelas yang dijadikan subjek dalam penelitian yang kemudian akan dipengaruhi, yakni kelas eksperimen merupakan kelas XI IPA 1 yang menerima pembelajaran Discovery Learning, dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan abstraksi matematis berbentuk soal uraian, serta skala self-concept. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning tidak lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; (2) Self-concept peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; (3) Tidak ditemukan adanya korelasi antara kemampuan abstraksi matematis dan self-concept peserta didik di Sekolah Menengah Atas. Kata Kunci: Discovery Learning, abstraksi matematis, self-concept.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 08:31 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 08:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67272 |
Actions (login required)
View Item |