Rizky, Muchammad Firas (2023) IKLAN LIFEBUOY VERSI AKAR KUAT DI BULAN SUCI PADA YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Iklan Lifebuoy Versi Akar Kuat Di Bulan Suci Pada YouTube”. Iklan ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud produk dari Lifebuoy dan juga sebagai bentuk pesan moral yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Denotasi, Konotasi, dan Mitos yang terdapat pada iklan Lifebuoy versi “Akar Kuat di Bulan Suci” pada YouTube. Selain untuk mengetahui makna pesan yang terkandung dalam Denotasi, Konotasi, dan Mitos yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditunjukan untuk mengetahui bagaimana Konvergensi Simbolis yang coba disampaikan melalui iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori Semiotika Roland Barthes, untuk menganalisis makna- makna yang terdapat dalam setiap adegan pada iklan ini. Dengan mengacu pada teori pendukung Konvergensi Simbolis Ernest Borman dan Robert Bales. Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa dalam iklan Lifebuoy versi “Akar Kuat di Bulan Suci” ini memiliki makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos dalam setiap adegannya, juga berkaitan dengan realitas yang terjadi di kehidupan masyarakat. Sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh masyarakat, baik makna tersirat dalam iklan tersebut adalah bahwa PT Unilever ingin membuat kita tetap berbuat kebaikan dalam situasi dan kondisi apapun serta selalu ingat terhadap pesan dari orangtua. Kata Kunci : Konvergensi Simbolis, Lifebuoy, Roland Barthes, Semiotika, YouTube
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 02:25 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 02:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67225 |
Actions (login required)
View Item |