PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SINIAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP INDONESIA RAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SALSABILA SYIFA FITRIA, 185030107 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SINIAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP INDONESIA RAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menulis naskah drama merupakan pembelajaran yang mengutamakan keterampilan menulis. Menulis naskah drama merupakan salah satu kegiatan yang tidak mudah bagi peserta didik, karena sulitnya mendapatkan ide-ide dan menuliskannya menjadi rangkaian yang utuh. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media Siniar;mengetahui kemampuan menulis naskah drama pada peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa media Siniar;mengetahui efektivitas dan perbedaan yang signifikan pada kemampuan peserta didik sebelum dan setelah diberikan perlakuan media Siniar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan pola penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara telaah pustaka, observasi, dokumentasi, uji coba, tes dan akhirnya adalah analisis. Adapun hasil penelitiannya, bahwa penulis mampu merencanakan pembelajaran menulis naskah drama dan mendapatkan nilai sebesar 3,6 nilai tersebut masuk ke dalam kategori sangat baik serta mampu melaksanakan pembelajaran dengan mendapatkan nilai sebesar 3,7 nilai tersebut masuk ke dalam kategori sangat baik. Kemampuan menulis naskah drama peserta didik sebelum diberikan media Siniar pada saat pretest pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 53 dan kelas kontrol sebesar 47, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 78 dan kelas kontrol sebesar 71, maka dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kontrol. Media siniar efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama di kelas eksperimen. Dari hasil uji N Gain Score peserta didik memperoleh nilai rata-rata pada saat pelaksanaan posttest di kelas eksperimen sebesar 78,50% yang artinya 78,50 > 56 yang termasuk ke dalam kategori efektif. Hasil uji signifikansi melalui melalui uji Independent Sample t-Test diperoleh hasil Sig 0,000, yang artinya < 0,05, maka terjadi peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan media siniar dan media gambar. Kata Kunci: Pembelajaran, menulis, naskah drama, siniar, eksperimen, kontrol

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:11
Last Modified: 10 Oct 2023 08:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67154

Actions (login required)

View Item View Item