SALSABILA SYIFA FITRIA, 185030107 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SINIAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP INDONESIA RAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menulis naskah drama merupakan pembelajaran yang mengutamakan keterampilan menulis. Menulis naskah drama merupakan salah satu kegiatan yang tidak mudah bagi peserta didik, karena sulitnya mendapatkan ide-ide dan menuliskannya menjadi rangkaian yang utuh. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media Siniar;mengetahui kemampuan menulis naskah drama pada peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa media Siniar;mengetahui efektivitas dan perbedaan yang signifikan pada kemampuan peserta didik sebelum dan setelah diberikan perlakuan media Siniar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan pola penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara telaah pustaka, observasi, dokumentasi, uji coba, tes dan akhirnya adalah analisis. Adapun hasil penelitiannya, bahwa penulis mampu merencanakan pembelajaran menulis naskah drama dan mendapatkan nilai sebesar 3,6 nilai tersebut masuk ke dalam kategori sangat baik serta mampu melaksanakan pembelajaran dengan mendapatkan nilai sebesar 3,7 nilai tersebut masuk ke dalam kategori sangat baik. Kemampuan menulis naskah drama peserta didik sebelum diberikan media Siniar pada saat pretest pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 53 dan kelas kontrol sebesar 47, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 78 dan kelas kontrol sebesar 71, maka dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kontrol. Media siniar efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama di kelas eksperimen. Dari hasil uji N Gain Score peserta didik memperoleh nilai rata-rata pada saat pelaksanaan posttest di kelas eksperimen sebesar 78,50% yang artinya 78,50 > 56 yang termasuk ke dalam kategori efektif. Hasil uji signifikansi melalui melalui uji Independent Sample t-Test diperoleh hasil Sig 0,000, yang artinya < 0,05, maka terjadi peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan media siniar dan media gambar. Kata Kunci: Pembelajaran, menulis, naskah drama, siniar, eksperimen, kontrol
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:11 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67154 |
Actions (login required)
View Item |