Sitanggang, Winda Sarah Kristina, 195050049 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MAPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
Ttd Pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstra.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (597kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Kemahiran berpikir kritis dalam konteks matematika memiliki tingkat kepentingan yang tinggi, sebab hal tersebut merupakan salah satu kompetensi esensial yang perlu dimiliki oleh para siswa dalam proses pembelajaran. Di samping itu, saat ini, peran positif dari konsep diri (self-concept) dalam memengaruhi kesejahteraan mental dan prestasi akademik siswa semakin ditekankan. Model pemecahan masalah menjadi kerangka kerja yang mendukung proses belajar mengajar. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengidentifikasi dampak dari penerapan Problem Solving berbasis Maple terhadap kemampuan berpikir kritis dan persepsi diri (Self-concept) siswa. Untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis dan persepsi diri siswa saat menggunakan model Problem Solving berbasis Maple. Selain itu, kami juga akan mengeksplorasi apakah ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan persepsi diri siswa yang mengikuti model Problem Solving dengan dukungan Maple. Penelitian ini akan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kotabaru dengan melibatkan dua kelas sebagai subjek penelitian. Kelas VIII A dijadikan kelompok eksperimen, di mana mereka mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Problem Solving berbantuan Maple. Sementara itu, kelas VIII B berperan sebagai kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal uraian dan angket yang telah diuji coba untuk digunakan sebagai instrumen penelitian. Berikut adalah hasil analisis dari penelitian ini: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model Problem Solving dengan bantuan Maple mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional. 2) Selfconcept siswa yang menerapkan model Problem Solving dengan bantuan Maple mengalami peningkatan yang lebih positif jika dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran tradisional. 3) Ada hubungan yang terlihat antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self-concept mereka. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Self-concept, Problem Solving, Maple
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 03:19 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 08:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67061 |
Actions (login required)
View Item |